Tutorial Cara Memperkecil (Kompres) Ukuran File PowerPoint


Halo Goodguys! Kembali lagi nih dengan artikel OKEGUYS yang akan membahas seputar tutorial ragam topik paling asik. Tutorial kali ini mengulas tentang cara memperkecil ukuran file PowerPoint.

Bagaimana ya caranya? Yuk, langsung simak artikel berikut ini sampai selesai!

Microsoft PowerPoint adalah alat audiovisual yang sangat direkomendasikan untuk kebutuhan presentasi bagi pekerja profesional, dosen, tenaga pendidik, mahasiswa, dan anak sekolah.

Dengan PowerPoint, memungkinkan kamu menambahkan gambar, video, grafik, tabel, dan file lain sebagai pelengkap agar slide presentasi semakin terlihat sempurna dan tentu saja menarik.



Hanya saja, penambahan gambar, video, hingga efek dalam slide presentasi, membuat ukuran file PowerPoint menjadi lebih besar.

Untuk itulah, kamu perlu mencari tahu cara memperkecil (kompres) file PowerPoint di komputer atau laptop agar tidak terlalu berat ketika dibuka.

Cara Kompres File Presentasi PowerPoint dengan Mudah

Untungnya, Microsoft PowerPoint memiliki beberapa opsi kompres file di dalamnya. Sehingga, akan memudahkan kamu mengurangi ukuran file presentasi di PowerPoint.

Simak langkahnya berikut ini step by step:

1. Compress gambar dalam presentasi PowerPoint

– Pilih gambar yang ingin kamu perkecil ukurannya. Lalu, pilih tab Picture Format, biasanya muncul di bagian akhir pada menu Ribbon.



kompres presentasi powerpoint

– Pilih “Compress Pictures”.

cara kompres presentasi powerpoint

– Jendela baru akan muncul. Sekarang, silahkan atur besaran kapasitas ukuran gambar yang ingin dikompres. PowerPoint akan menyesuaikan dengan kebutuhan kamu.

cara kompres presentasi powerpoint



Sebagai catatan, pertimbangkan pula jika kamu menghapus centang pada opsi “Apply only for this picture”, maka semua gambar presentasi PowerPoint akan ikut dikompresi.

Jadi, tutorial ini akan sangat berguna untuk mengompres ukuran file presentasi dengan banyak gambar di dalamnya. Selamat mencoba ya, Goodguys!

2. Compress video dalam presentasi PowerPoint

Selanjutnya, jika slide presentasi kamu memiliki banyak video di dalamnya, dapat dipastikan ukuran file PowerPoint akan menjadi lebih besar.

Untuk mengompres dokumen PowerPoint kamu, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

– Buka File> Info.
– Pilih opsi “Compress Media”. Sama halnya seperti tutorial gambar, cara ini memungkinkan kamu menentukan senndiri kualitas sesuai dengan kebutuhan.

cara kompres ukuran file presentasi powerpoint

– Jendela baru akan muncul untuk menunjukkan kemajuan pengompresan. Setelah selesai, kamu akan tahu kapasitas hasil file PowerPoint yang sudah dikompres.
– Lalu, klik “Close” untuk menyimpan semua perubahan.

cara kompres presentasi powerpoint

Nah, itulah tadi penjelasan tentang tutorial cara memperkecil ukuran file Microsoft PowerPoint menjadi lebih ringan agar tidak berat ketika membukanya.

Semoga tutorial di atas bermanfaat ya, Goodguys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password