Tutorial Cara Memilih Semua atau Sebagian Tabel di Ms Word


Sama seperti memilih teks dan gambar di Microsoft Word adalah tugas yang sangat umum di Word, begitu juga memilih konten dalam tabel.

Mungkin ada kalanya kamu ingin memilih satu sel, seluruh baris atau kolom, beberapa baris atau kolom, atau malah seluruh tabel.

Nah, itulah yang akan OKEGUYS bahas dalam artikel tutorial ini, cara memilih semua atau sebagian tabel di Microsoft Word. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Memilih Sel Individual (Satu Sel dalam Tabel)

Untuk memilih satu sel dalam tabel, gerakkan mouse ke sisi kanan sel sampai kamu melihatnya berubah menjadi panah hitam yang menunjuk ke atas dan ke kanan.



Klik di sel pada saat itu untuk memilih tabel.

Untuk menggunakan keyboard dalam memilih sel, letakkan kursor di mana saja di dalam sel.

Tekan “Shift” lalu tekan tombol panah kanan hingga seluruh sel dipilih termasuk pada penanda ujung sel di sebelah kanan konten dalam sel, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.



Cara Memilih Baris (Row) atau Kolom (Column)

Untuk memilih baris dalam tabel di Word, pindahkan kursor ke kiri baris hingga berubah menjadi panah putih yang mengarah ke atas dan ke kanan, seperti terlihat pada gambar berikut.

Selanjutnya, untuk memilih beberapa baris dengan cara ini, seret mouse ke bawah menuju baris lain setelah itu silahkan pilih satu baris.

Catatan: Ikon plus yang ditampilkan di Word digunakan untuk menyisipkan baris di lokasi itu dalam tabel. Jadi jangan klik ikon tersebut untuk memilih baris.

Kamu juga bisa menggunakan mouse untuk memilih beberapa baris yang tidak bersebelahan, atau baris yang tidak terhubung.



Untuk melakukan ini, pilih satu baris menggunakan mouse, tekan tombol “Ctrl” di keyboard, lalu klik pada setiap baris yang ingin kamu tambahkan ke pilihan.

Catatan: Cara ini serupa dengan memilih beberapa file yang tidak bersebelahan di atau File Explorer (Windows 8 dan 10) atau Windows Explorer (Windows 7).

Selanjutnya, untuk memilih baris menggunakan keyboard, pilih sel pertama dalam baris menggunakan keyboard.

Kemudian, tekan tombol “Shift”. Saat tombol “Shift” ditekan, terus tekan juga tombol panah kanan untuk memilih setiap sel di baris sampai kamu, memilih semua sel di baris dan penanda akhir baris seperti terlihat pada gambar berikut.

Untuk memilih beberapa baris menggunakan keyboard, tekan terus tombol “Shift” dan tekan tombol panah bawah sekali untuk setiap baris berikutnya yang ingin kamu pilih.

Catatan: Saat menggunakan keyboard untuk memilih baris, kamu tidak dapat memilih baris yang tidak bersebelahan.

Untuk memilih kolom, gerakkan mouse ke atas kolom sampai kamu melihat panah bawah hitam, lalu klik untuk memilih kolom tersebut.

Sementara itu, untuk memilih beberapa kolom, tahan mouse saat mengklik kolom pertama yang akan dipilih menggunakan kursor panah hitam dan seret ke kolom lain untuk memilihnya.

Untuk memilih kolom yang tidak bersebelahan, pilih satu kolom menggunakan mouse, tekan “Ctrl” dan kemudian klik pada kolom lainnya menggunakan kursor panah hitam.

Dalam hal ini, kamu dapat menggunakan keyboard untuk memilih kolom.

Caranya, pilih sel pertama di kolom menggunakan keyboard seperti yang dijelaskan di atas. Kemudian tekan tombol “Shift”.

Saat tombol “Shift” ditekan, terus tekan tombol panah bawah untuk memilih setiap sel di kolom sampai kamu memilih semua sel di kolom, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

Memilih beberapa kolom tabel di Ms Word menggunakan keyboard dilakukan dengan cara yang mirip dengan memilih beberapa baris, sebagaimana penjelasan sebelumnya.

Setelah kamu memilih satu kolom, terus tekan tombol “Shift” saat kamu menekan tombol panah kanan atau kiri untuk setiap kolom berikutnya yang ingin kamu pilih.

Ingat ya, di sini kamu tidak dapat memilih kolom yang tidak bersebelahan menggunakan keyboard.

Cara Memilih Seluruh Tabel di Microsoft Word

Untuk memilih seluruh tabel di Microsoft Word, caranya mudah. Kamu tinggal gerakkan saja mouse ke atas tabel hingga kamu melihat ikon pemilihan tabel di sudut kiri atas tabel.

Klik ikon pemilihan tabel untuk memilih seluruh tabel Word.

Menu Ribbon untuk Memilih Semua atau Bagian dari Tabel

Kamu juga dapat menggunakan menu Ribbon untuk memilih bagian mana pun dari tabel atau seluruh tabel.

Letakkan kursor di sel mana pun dalam tabel dan klik tab “Layout” di bawah “Table Tools”.

Di bagian “Table”, klik “Select” dan pilih opsi dari menu drop-down, bergantung pada bagian tabel mana yang ingin dipilih.

Catatan: Tombol “Select” pada tab “Layout” dapat kamu gunakan untuk memilih satu sel, baris, atau kolom tempat kursor berada.

Seluruh tabel di Microsoft Word juga dapat dipilih dengan menahan tombol “Alt” dan mengklik dua kali pada tabel.

Nah, demikianlah tutorial cara memilih sebagian atau seluruh tabel di Microsoft Word. Silahkan dicoba dan semoga artikel berikut bermanfaat, ya.

 

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password