Cara Membuat Tulisan Small Caps di Microsoft Word 2013


Pernah mendengar penulisan Small Caps di Microsoft Word? Nah, kalau belum, inilah yang akan OKEGUYS jelaskan di dalam artikel tutorial kali ini.

Sebelum membahas cara membuat tulisan small caps di Word, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu Small Caps?

Singkatnya, Small Caps merupakan salah satu mode tulisan yang dapat digunakan di dokumen Microsoft Word sehingga dokumen dapat tampil lebih menarik.

Jadi, dengan Small Caps, kamu akan mengetik kata apapun di dalam Word menggunakan huruf kapital kecil, tanpa harus mengatur ‘Caps Lock’ setiap kali hendak menulis.



Menggunakan Mode Tulisan Small Caps di Microsoft Word

Intinya, teks apa pun yang dibuat menggunakan mode Small Caps akan terlihat seperti diketik dengan huruf kapital, sama halnya jika kamu menekan Caps Lock.

Namun, huruf-huruf kapital dengan mode Small Caps akan lebih kecil dari huruf kapital biasanya.

Untuk membuat tulisan Small Caps di Ms Word, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

Langkah 1: Buka dokumen di Microsoft Word 2013.

Langkah 2: Klik tab ‘Home’ di bagian atas window.



Langkah 3: Klik tombol ‘Font’ kecil di sudut kanan bawah bagian Font pada menu ribbon.

Langkah 4: Centang kotak di sebelah kiri ‘Small caps’ pada bagian ‘Effects’ di kotak dialog ‘Font’. Lalu klik tombol ‘OK’ untuk simpan perubahan.



Sekarang ketika kamu mengetik dokumen, huruf akan menjadi huruf kapital kecil, seperti pada gambar di bawah ini.

Sebagai catatan, jika kamu memiliki teks yang ingin diubah menjadi huruf kecil (bukan huruf kapital kecil ya), kamu cukup pilih teks itu terlebih dahulu.

Lalu, ikuti langkah-langkah di atas dan hilangkan tanda centang pada bagian ‘Small Caps’. Pilihan tersebut kemudian akan mengubah huruf menjadi kecil lagi.

Catatan:

Terdapat tombol ‘Set as Default’ pada menu Font yang dapat kamu klik apabila ingin membuat pengaturan pada menu ini sebagai opsi default baru.

Saat kamu mengetik dokumen di Microsoft Word menggunakan pengaturan default, kamu akan mengetik kata-kata dengan campuran huruf besar dan huruf kecil, sebagaimana biasanya.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password