Tutorial Cara Membuat Timeline Menarik di Microsoft Word


Saat kamu mau menyusun rencana perjalanan, jadwal, rencana proyek, atau pencapaian, akan jauh lebih efektif apabila kamu membuat timeline digital daripada menulisnya satu per satu.

Beruntung, program Microsoft Word menyediakan tools untuk membuat timeline di Word yang menarik secara visual. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, timeline keren yang kamu butuhkan pun berhasil dibuat:

Catatan penting: Tutorial dalam artikel ini berlaku untuk Word untuk Microsoft 365, Microsoft Word 2019, Word 2016, dan Word 2013.

Cara Membuat Timeline di Word untuk Windows

Khusus kamu pengguna Windows, berikut tutorial membuat timeline di Microsoft Word:



1. Buka dokumen kosong Word.

2. Pilih menu ‘Insert’ dan pilih opsi ‘SmartArt’.

3. Kotak dialog ‘Choose a SmartArt Graphic’ akan muncul.



4. Buka panel menu kiri dan pilih ‘Process’, lalu pilih salah satu jenis timeline sesuai kebutuhan kamu.

Catatan: Jika ini adalah upaya pertama kamu untuk membuat timeline di Ms Word, pilih Basic Timeline. Setelah itu, kamu bisa bebas berkreasi atau mencoba teknik lain menggunakan ‘Circle Accent Timeline’.

5. Pilih OK. Template timeline dimasukkan ke dalam dokumen kamu, bersama dengan panel SmartArt Text.



6. Pada bagian panel ‘Type your text here’ di sini, pilih kotak teks dan ketik atau ‘paste’ konten yang ingin ditambahkan ke timeline terkait. Setiap bagian dari timeline disorot saat nilainya dipilih.

Catatan: Pada gambar di bawah, tiga label default diubah menjadi Beta Release, Testing Phase, dan Production Launch untuk mensimulasikan software pengembangan timeline.

7. Untuk menambahkan item tambahan ke timeline, buka panel teks, letakkan kursor di akhir kolom teks, dan tekan Enter untuk membuat baris baru. Untuk menghapus item di timeline, buka panel teks dan hapus seluruh baris teks yang terkait.

8. Secara default, semua item timeline ditampilkan di paling atas. Kamu dapat promosikan item timeline sehingga menjadi sub-pencapaian. Klik kanan item dan pilih ‘Demote’ atau ‘Promote’

9. Untuk menggeser item ke sebelumnya atau nanti dalam timeline, klik kanan item tersebut, lalu pilih ‘Move Up’ atau ‘Move Down’.

Cara Membuat Timeline di Word untuk macOS

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat garis waktu di Microsoft Word untuk macOS.

1. Buka dokumen kosong Word.

2. Pilih Insert, lalu pilih SmartArt atau Insert a SmartArt Graphic, tergantung pada versi Microsoft Word yang kamu gunakan.

3. Pilih ‘Process’ dan pilih dari salah satu jenis timeline yang ditawarkan.

Tips: Jika ini adalah upaya pertama kamu untuk membuat garis waktu di Word, pilih Basic Timeline. Setelah itu, kamu dapat mencoba hal baru lagi, seperti Circle Accent Timeline.

4. Template timeline dimasukkan ke dalam dokumen, bersama dengan panel Teks SmartArt.

5. Pilih sembarang kotak teks dan ketik atau ‘paste’ konten yang ingin ditambahkan ke bagian yang sesuai. Setiap bagian disorot saat nilainya diklik.

Catatan: Pada gambar di bawah, tiga label default dimodifikasi untuk membaca Beta Release, Testing Phase, dan Production Launch untuk mensimulasikan software pengembangan timeline.

6. Untuk menambah atau menghapus item dari timeline, pilih ‘Plus’ (hijau) atau ‘Minus’ (merah) dari panel Teks SmartArt.

7. Secara default, semua item timeline ditampilkan di paling atas. Kamu dapat promosikan item timeline dengan cara pilih ‘right arrow’ (Demote) atau ‘left arrow’ (Promote) dari toolbar SmartArt.

8. Untuk menggeser item ke sebelumnya atau nanti dalam timeline, pilih panah ‘Move Up’ atau ‘Move Down’.

Cara Menggunakan Tata Letak Timeline yang Berbeda

Sekarang setelah timeline sudah siap dibuat, mungkin kamu ingin beralih ke tata letak (layout) yang berbeda.

Perubahan tata letak tidak harus permanen. Berkreasilah dengan memilih opsi berbeda dan tentukan mana timeline yang cocok.

1. Di macOS, pilih timeline agar disorot dan bagian SmartArt Design diaktifkan di bagian toolbar Word. Pada Windows, klik kanan timeline, lalu pilih Layout.

2. Gambar kecil mewakili timeline yang tersedia dan tata letak akan muncul. Untuk melihat lebih banyak, pilih panah kiri dan kanan di macOS, atau gulir ke bawah pada Windows.

3. Untuk melihat tampilan garis waktu dalam tata letak tertentu, silahkan klik sekali. Nantinya, bagian isi akan menyesuaikan dengan format baru. Untuk kembali ke layout original kapan saja, pilih thumbnail ‘Basic Timeline’.

Cara Mengubah Skema Warna Timeline di Word

Setelah kamu membuat konten timeline di Microsoft Word dan memilih tata letak, sekarang saatnya menyesuaikan warna. Ini langkah-langkahnya:

1. Di macOS, pilih timeline untuk disorot dan aktifkan tab SmartArt Design pada bagian tools Word. Di Windows, klik kanan agar menu konteks muncul.

2. Pada macOS, pilih ‘Change Colors’ dari toolbar. Di Windows, pilih ‘Color’.

3. Sebuah jendela pop-out akan muncul berisi lusinan gambar thumbnail. Untuk langsung menerapkannya ke timeline, pilih gambar pratinjaunya (preview).

Catatan: Di bagian bawah kotak dialog ‘Change Colors’, terdapat opsi ‘Recolor Pictures in SmartArt Graphic’. Ini berlaku untuk layout yang berisi gambar dan tidak berpengaruh pada timeline sehingga dapat diabaikan.

Nah, itulah penjelasan tentang tutorial cara membuat timeline menarik di Microsoft Word dan cara mengubah warna timeline sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat ya, Goodguys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password