Cara Cepat Membuat Tabel di Microsoft Word


Tabel menjadi bagian yang cukup penting di Microsoft Word, karena ada beberapa penulisan, laporan, hingga proposal yang memerlukan tabel.

Pada kesempatan kali ini Saya Dwi, akan mengulas mengenai cara membuat tabel di Microsoft Word, kamu nggak perlu repot-repot membuat tabel di Microsoft Excel terlebih dahulu lalu memindahkannya ke Word, guys.

Microsoft Word sudah menyediakan fitur pembuat tabel, walau nggak selengkap fitur yang ada di Microsoft Excel. Tapi membuat tabel di Microsoft Word akan lebih efektif dan nggak perlu kerja dua kali, bukan?

Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.



Cara Membuat Tabel di Microsoft Word

Cara Menambahkan Tabel Kosong

Tempatkan kursor di mana kamu ingin menambahkan tabel. Pilih tab Insert > Table.cara membuat tabel di microsoft word

Selanjutnya akan muncul menu drop-down yang berisi kota-kotak. Nah, kamu tinggal seret kursor mouse dari kiri atas untuk memilih jumlah yang kamu inginkan (lihat gambar di bawah).

cara membuat tabel di microsoft word

Untuk mengkonfrimasi jumlah tabel yang kamu kehendaki, kamu hanya perlu melepaskan melepaskan jarimu dari tombol kiri mouse dan tabel akan muncul sesuai yang kamu inginkan.

Untuk memasukan teks ke dalam tabel, kamu hanya perlu menempatkan kursor teks dan mulai mengetik. (lihat gambar di bawah)



Untuk berpindah dari satu kotak ke kotak sebelahnya, kamu bisa menggunakan tombol Tab atau tombol panah pada keyboard.

Fyi, kalau kursor teks berada di kotak terakhir, dan kamu menekan tombol Tab, maka kursor teks akan secara otomatis membuat baris baru.

Cara Mengubah Teks yang Ada Menjadi Tabel

Suatu saat, bisa saja kamu menemukan teks yang bisa diubah menjadi tabel. Seperti pada contoh di bawah ini, Item-item dari tiap bagian dipisahkan dengan tab.

cara membuat tabel di microsoft word

Word bisa kok mengubah informasi ini ke dalam tabel, dengan cara menggunakan karakter tab untuk memisahkan data ke dalam kolom. Berikut ini caranya:



Buka tab Insert, lalu klik “Table”. Pilih “Convert Text to Table” dari menu drop-down.(lihat gambar di bawah)cara membuat tabel di microsoft word

Selanjutnya, akan muncul sebuah kotak dialog. Pilih salah satu opsi pada bagian “Separate text at”. Fungsi dari opsi-opsi ini adalah untuk mengatur bagaimana Word mengetahui apa yang harus dimasukkan ke dalam setiap kolom pada tabel yang hendak dibuat berdasarkan teks.

Pada contoh kali ini, kita akan memisahkan data dalam teks berdasarkan tab, maka pilih “Tabs” pada bagian “Separate text at”.

cara membuat tabel di microsoft word

Klik OK. Dan voila, kini teks kamu sudah tersaji dalam bentuk tabel, guys.

cara membuat tabel di microsoft word

Nah, itulah cara membuat tabel di Microsoft Word. Selamat mencoba dan jangan lupa berbagi informasi ini ke sosial media dengan hastag #okejuganih.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Full-time writer | OKEGUYS Just keep swimming - Finding Nemo, 2003.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password