Tutorial Cara Membuat Tabel di dalam Tabel pada Microsoft Word


Jika kamu membuat dokumen di Microsoft Word dengan tata letak (layout) yang kompleks, tabel adalah metode yang berguna untuk mengatur keseluruhan konten dokumen Word tersebut.

Kamu bisa menggunakan sel dalam tabel Word untuk menyusun teks, gambar, dan bahkan tabel lain. Artinya, kamu bisa membuat tabel di dalam tabel secara bersamaan pada satu dokumen.

Nah, tabel di dalam tabel (tabel bersarang atau tabel bertingkat) sangat berguna untuk menambahkan lebih banyak ruang teks dan gambar.

Bagaimana caranya? Langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini, dirangkum dari laman How to Geek:



Pertama, masukkan tabel utama di dokumen Microsoft Word. Kemudian, tekan “Enter” pada keyboard.

Selanjutnya, arahkan kursor ke bagian tabel yang akan ditambah atau disisipkan tabel baru di dalamnya.

Perhatikan batas atas dan bawah di dalam sel tabel tersebut. Silahkan atur margin sel sesuai kebutuhan kamu.

Sebagai catatan, setelah kamu menyisipkan tabel bertingkat, kamu bisa menekan shortcut Ctrl + Z kapan saja untuk batalkan penyisipan dan menghapus tabel bertingkat itu.



Untuk memperluas margin dalam sel sehingga batas tabel bertumpuk dan sel tidak terlalu dekat, pastikan kursor berada di sel tabel utama tempat kamu ingin menyisipkan tabel kedua.

Catatan lagi, jika kamu perlu memperluas margin tabel dengan cara yang sama di sel lain dari tabel utama juga, kamu bisa pilih beberapa sel dalam tabel.

Namun untuk contoh pada artikel ini, kita hanya akan mengubah margin untuk satu sel saja.

Klik tab “Layout”.



Di bagian Table, klik “Properties”.

Pada kotak dialog Table Properties, klik tab “Cell”, jika belum aktif.

Klik “Options” di bagian bawah tab Cell.

Di bagian Cell Margin pada kotak dialog Cell Options, klik kotak centang “Same as the whole table”, sehingga tidak ada tanda centang di kotak.

Cara tersebut untuk mengaktifkan kotak edit Top, Bottom, Left, dan Right, yang berisi nilai untuk empat margin dalam sel yang dipilih.

Secara default (di Microsoft Word 2016), margin Top dan Bottom adalah “0”, sedangkan Left dan Right adalah “0,08”.

Nilai-nilai tersebut mungkin berbeda di versi Word yang lebih lama. Untuk itu, kamu perlu masukkan nilai baru untuk margin, terutama margin Top dan Bottom. Di contoh ini, menggunakan “0,1” untuk semua margin di sel.

Kemudian, klik “OK”. Hasilnya bisa kamu lihat sendiri pada gambar di bawah.

Lalu, kamu kembali ke kotak dialog Table Properties. Klik “OK” untuk menutupnya.

Kamu dapat menyisipkan tabel baru di sel tersebut dan silahkan masukkan konten yang kamu butuhkan. Tabel double akan berada di dalam sel pada tabel utama kamu tadi.

Untuk lebih menyempurnakan tata letak tabel, kamu dapat menambahkan batas ke semua/sebagian sel, menambahkan shadow dalam warna berbeda, maupun menggabungkan dan memisahkan sel.

Kamu juga dapat membuat beberapa lapisan tabel bertingkat lagi sesuai kebutuhan.

Hanya saja, ada satu aspek yang penting kamu perhatikan bahwasanya terlalu banyak lapisan tabel di dalam tabel dapat membuat tata letak jadi membingungkan.

Semoga tutorial Microsoft Word di atas bermanfaat dan membantu pekerjaan ya, Goodguys! Silahkan dicoba sendiri langkah-langkahnya satu per satu.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password