Cara Membuat Password pada Dokumen Word dan PDF di Microsoft Office


Microsoft Office memungkinkan kamu mengenkripsi dokumen Word dan file PDF, sehingga tidak ada seorang pun bisa melihat file tersebut kecuali mereka tahu kata sandinya (password).

Nah, itulah yang akan OKEGUYS bahas dalam artikel berikut, tutorial cara membuat password pada dokumen Word dan file PDF di Microsoft Office.

Sebagai catatan, langkah-langkah pada tutorial ini berlaku untuk Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, Excel, dan Ms Access 2016. Simak langsung caranya, yuk!

Seberapa Amankah Keamanan Password di Microsoft Office?

Fitur perlindungan password di Microsoft Office mendapatkan reputasi buruk di masa lalu. Dari Office 95 hingga Office 2003, skema enkripsi sangat lemah.



Jika kamu memiliki dokumen yang dilindungi kata sandi dengan Office 2003 atau versi sebelumnya, kata sandi itu dapat dengan mudah dibuka dengan perangkat lunak peretas kata sandi yang tersedia secara luas.

Dengan Office 2007, Microsoft menjadi lebih serius terhadap keamanan dokumen dan data pengguna. Office 2007 beralih ke Advanced Encryption Standard (AES) dengan kunci 128-bit.

Secara luas, itu menjadi lebih aman karena artinya Office menggunakan enkripsi yang nyata dan kuat untuk melindungi dokumen dan file apapun dengan password.

Cara Mengunci Dokumen Ms Office dengan Password

Untuk memproteksi kata sandi pada dokumen Office, pertama buka Word, Excel, PowerPoint, atau Access.

Kemudian, klik menu “File” di pojok kiri atas layar. Pada panel Info, klik tombol “Protect Document” dan pilih “Encrypt with Password”.



Tombol tersebut hanya bernama “Protect Document” di Microsoft Word, tetapi memiliki nama yang mirip di aplikasi lain.

Lalu, cari opsi “Protect Workbook” di Microsoft Excel dan “Protect Presentation” di Microsoft PowerPoint. Di Microsoft Access, kamu hanya akan melihat tombol “Encrypt with Password” di tab Info.

CATATAN: Jika kamu hanya ingin membatasi pengeditan dokumen, kamu dapat memilih “Restrict Editing” di sini.

Tetapi, seperti yang dikatakan sebelumnya, itu tidak terlalu aman dan dapat dengan mudah dilewati. Lebih baik kamu mengenkripsi seluruh dokumen, jika memungkinkan.



Lalu, masukkan kata sandi yang ingin dienkripsi dokumennya. Buatlah kata sandi yang bagus dan kuat.

Kata sandi yang lemah dapat dengan mudah ditebak dengan meretas perangkat lunak jika seseorang memperoleh akses ke dokumen tersebut.

Peringatan: Kamu akan kehilangan akses ke dokumen jika kamu lupa sandi, jadi jaga keamanannya! Microsoft menyarankan kamu untuk menuliskan nama dokumen dan kata sandi, lalu simpan di folder yang aman.

Saat dokumen dienkripsi, kamu akan melihat pesan pop-up “A password is required to open this document” yang muncul saat hendak membuka dokumen di layar Info.

Di samping itu, saat kamu membuka dokumen lagi, kamu akan melihat kotak “Enter password to open file”. Apabila kamu tidak memasukkan sandi yang benar, kamu tidak akan bisa melihat isi dokumen sama sekali.

Untuk menghapus proteksi password dari dokumen, klik tombol “Protect Document” dan pilih “Encrypt with Password”.

Kemudian, masukkan kata sandi kosong dan klik “OK”. Microsoft Office akan menghapus kata sandi tersebut dari dokumen.

Cara Membuat Password untuk Melindung File PDF

Kamu juga bisa mengekspor dokumen Office ke file PDF dan membuat perlindungan password untuk file PDF itu.

Dokumen PDF akan dienkripsi dengan kata sandi yang kamu berikan. Ini berfungsi di Microsoft Word tetapi tidak Excel, karena alasan tertentu.

Untuk melakukannya, buka dokumen di Microsoft Word, klik tombol menu “File”, dan pilih “Export”. Klik tombol “Create PDF/XPS” untuk mengekspor dokumen sebagai file PDF.

Klik tombol “Options” di bagian bawah jendela dialog simpan yang muncul. Di bagian bawah jendela opsi, aktifkan opsi “Encrypt the document with a password” dan klik “OK.”

Masukkan sandi yang ingin kamu gunakan untuk mengenkripsi file PDF, lalu klik “OK”.

Setelah selesai, masukkan nama untuk file PDF dan klik tombol “Publish”. Microsoft Office akan mengekspor dokumen ke file PDF yang dilindungi kata sandi.

Peringatan: Kamu tidak akan dapat melihat file PDF jika lupa kata sandinya. Pastikan untuk tetap mengingatnya ya atau kamu akan kehilangan akses ke file PDF tersebut.

Nah, itulah tadi tutorial cara mengunci dokumen dan file PDF di Microsoft Office dengan mudah. Jadi, untuk membuat password di dokumen Word dan PDF sudah tidak bingung lagi, ya.

Semoga artikel ini bermanfaat, Goodguys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password