Tutorial Cara Membuat dan Menjalankan Macro di Microsoft Word


Jika selama ini kamu sering bekerja dengan mengoperasikan Microsoft Word dan mendapati diri sendiri melakukan hal yang sama berulang kali, inilah saatnya kamu belajar membuat Macro di Microsoft Word.

Apa itu Macro? Macro adalah kependekan dari kata “macroinstruction”, yang berarti rangkaian instruksi untuk menyelesaikan suatu tugas.

Secara keseluruhan, Macro berisi deretan perintah yang dikumpulkan bersamaan sekaligus, lalu dijadikan satu dalam suatu perintah.

Cara Membuat Macro di Microsoft Office Word

Mengapa cara membuat Macro di Microsoft Word perlu kamu ketahui? Jadi, Macro ini nantinya akan memudahkan pekerjaan atau tugas yang kamu garap di Ms Word, termasuk juga di Ms Excel.



Penasaran kan, bagaimana cara membuatnya? Langsung saja yuk, simak ulasan tutorial berikut ini yang telah OKEGUYS rangkum untukmu dari laman Help Desk Geek:

1. Buka terlebih dahulu lembar kerja atau dokumen yang akan dikerjakan pada Microsoft Word.
2. Kemudian, klik menu tab ‘View’, lalu pilih “Macro” dan pilih opsi “Record Macro” di bawah tombol Macro. Jendela baru pun akan terbuka.

4. Pada bagian “Macro name “, masukkan nama yang bermakna untuk file makro, sesuai kebutuhan kamu. Dalam hal ini, Spasi tidak diperbolehkan. Gunakan garis bawah atau tanda hubung.

5. Pada bagian “Store macro in” di dropdown-nya, kamu dapat memilih dokumen apa yang diinginkan agar makro digunakan.



Jika kamu memilih “All Documents (Normal.dotm)”, makro akan tersedia untuk kamu di setiap dokumen Word baru yang kamu buat mulai sekarang.

Jika kamu pilih “Document1 (document)”, itu hanya akan berlaku untuk satu dokumen yang aktif saja. Biasanya yang terbaik adalah memilih “All Documents”.

6. Di kolom “Description” tulis apa yang dapat dilakukan macro. Dalam hal ini, kita akan menggunakan macro untuk membuat tanda tangan (signature) disertai gambar. Jadi, deskripsinya tertulis “Insert signature with image”.

7. Kamu dapat memilih “Assign macro to” ke salah satu tombol yang akan dibuat dengan “Button” atau menggunakan “Keyboard” tombol. Sudah ada banyak tombol pintasan untuk Word, jadi memilih “Button” mungkin yang terbaik.



Pilih “Button” dan jendela “Word Options” akan terbuka.

8. Di sini, kamu akan menetapkan makro sebuah tombol pada “Word Ribbon, jadi silahkan pilih “Customize Ribbon”.

9. Pada bagian “Choose commands from”, klik dropdown dan pilih “Macros” Ini akan menunjukkan posisi makro berada pada area di bawahnya.

10. Kamu membutuhkan suatu tempat di menu ribbon untuk meletakkan makro. Untuk contoh ini, pilih “Home” di area “Main Tabs”. Lalu pilih “New Group”.

11. Pilih “Rename” agar kamu dapat memberinya nama yang bermakna sesuai keinginan.

12. Di jendela “Rename”, pilih salah satu ikon yang akan diwakili grup lalu masukkan “My Macros” di bagian “Display name”

13. Pilih OK untuk menerapkannya. Kamu akan melihat perubahan di area “Main Tabs”.

14. Dengan My Macors baru dipilih di area “Main Tabs”, pilih makro “Normal.NewMacros.Insert_Signature.”

15. Pilih “Add” untuk memasukkan signature ke dalam grup “My Macros”.

16. Tentu saja, kamu bisa mengganti nama. Dengan makro dipilih di area “Main Tabs”, silahkan klik bagian “Display name”.

17. Pada jendela Rename, pilih ikon dan masukkan nama sederhana di bagian “Display name”.

18. Pilih OK untuk melakukan perubahan. Kamu akan melihat perubahannya di area “Main Tabs”.

19. Pilih OK di bawah area “Main Tabs” untuk menyelesaikan pembuatan tombol untuk makro.

20. Silakan buat blok tanda tangan apa pun yang diinginkan. Tambahkan pindaian tanda tangan kamu atau gambar lainnya. Setelah selesai, pilih panah bawah di bawah tombol “Macros”.

21. Pilih “Stop Recording” dan tanda tangan kamu pun telah ditambahkan di dalam file Microsoft Word.

22. Ujilah dengan mencari tombol “Insert Signature” di tab “Home” dan klik. Blok tanda tangan kamu pun akan muncul persis seperti yang kamu rancang tadi.

Nah, itulah tadi tutorial singkat dan bertahap tentang cara membuat dan menggunakan Macro di Microsoft Word untuk memudahkan berbagai keperluan kamu.

Semoga bermanfaat ya, Goodguys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password