Tutorial Cara Menambahkan Kotak Centang di Dokumen Microsoft Word


Halo Goodguys, balik lagi nih dengan artikel menarik dari OKEGUYS. Kali ini akan menjelaskan tentang tutorial cara menambahkan kotak centang ke dalam dokumen Microsoft Word.

Kotak centang di Word ini termasuk sering digunakan untuk berbagai keperluan yang bertujuan membuat dokumen tampak lebih rapi dan enak dilihat.

Apalagi ketika kamu membuat survei atau formulir dengan Microsoft Word, menambahkan kotak centang di dalamnya menjadi opsi lebih mudah dibaca dan dijawab.

Cara Membuat Kotak Centang di Dokumen Word

Dalam artikel ini, ada dua opsi cara menambahkan kotak centang di Word. Yang pertama, ideal untuk dokumen yang memudahkan orang-orang mengisi secara digital di dalam dokumen Word itu sendiri.



Sedangkan untuk opsi kedua, memudahkan untuk mencetak dokumen supaya rapi, misalnya daftar tugas, dan lain-lain.

Langsung saja tanpa berlama-lama lagi, berikut ini tutorial cara membuat kotak centang di Microsoft Word, dirangkum OKEGUYS dari How to Geek:

Opsi 1: Gunakan Tools Word untuk Menambahkan Kotak Centang pada Formulir

  • Untuk membuat formulir yang di dalamnya menyertakan kotak centang, kamu terlebih dahulu harus mengaktifkan tab “Developer” pada menu Ribbon.
  • Kemudian, bukalah dokumen Word yang akan dimasukkan kotak centang. Dengan dokumen Word terbuka, klik drop-down pada menu “File”, lalu pilih perintah “Options”.
  • Akan muncul jendela “Word Options”. Alihkan jendela tersebut ke “Customize Ribbon” tab. Di sebelah kanan daftar pilih “Customize the Ribbon” dan pilih “Main Tabs” pada menu drop-down.

kotak centang di Word

  • Pada daftar Main Tabs yang tersedia, pilih kotak centang “Developer”, lalu klik tombol “OK”

membuat kotak centang di Word

  • Perhatikan bahwa tab “Developer” ditambahkan ke Ribbon kamu. Posisikan kursor dalam dokumen di mana kamu ingin tambahkan kotak centang. Lalu, alihkan ke tab “Developer”, lalu klik tombol “Check Box Content Control”.

kotak centang Microsoft Word



  • Kotak centang akan muncul di posisi kamu meletakkan kursor tadi, misalnya di samping setiap jawaban sehingga membuat kotak centang tersebut interaktif.
  • Klik kotak centang tersebut untuk menandainya dengan simbol “X” (seperti terlihat pada gambar), atau pilih kotak formulir secara keseluruhan untuk memindahkan kotak centang, memformatnya, dan seterusnya.

membuat kotak centang Word

Opsi 2: Membuat Kotak Centang untuk Dokumen yang Dicetak

Bila ingin membuat dokumen yang dicetak -seperti daftar tugas atau survei- dan ingin menambahkan kotak centang di atasnya, silahkan ikuti langkah-langkahnya pada opsi kedua ini.

Kamu tidak perlu repot-repot menambahkan tab Ribbon seperti halnya tutorial pada opsi 1 di atas. Sebagai gantinya, kamu bisa membuat daftar poin sederhana, lalu mengubah poin itu dari yang awalnya simbol default menjadi kotak centang.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Dalam dokumen Word, pada tab “Home”, klik panah kecil di sebelah kanan tombol “Bullet List”. Klik menu drop-down dan pilih perintah “Define new bullet”.

kotak centang Word



  • Di jendela “Define New Bullet”, klik tombol “Symbol”.

kotak centang microsoft word

  • Di jendela “Symbol”, klik drop-down pada menu “Font” dan pilih opsi “Wingdings 2”.

  • Selanjutnya, kamu dapat menelusuri beberapa simbol yang tersedia untuk menemukan simbol kotak kosong yang terlihat seperti kotak centang. Atau cara lebih mudahnya, kamu bisa langsung mengetikkan angka “163” ke kotak “Character Code” untuk memilih kotak centang secara otomatis.
  • Setelah itu, klik tombol “OK” untuk menutup jendela “Symbol”, dan klik “OK” kembali untuk menutup jendela “Define New Bullet”.

  • Selanjutnya, kembali ke dokumen Ms Word. Sekarang, kamu bisa mengetik daftar poin kamu. Kotak centang pun akan muncul sebagai pengganti simbol poin biasa.
  • Nantinya, bila kamu memerlukan simbol kotak centang lagi, kamu tidak perlu menjelajahi seluruh rangkaian jendela itu. Cukup klik panah kecil di sebelah kanan tombol “Bullet List”, dan kamu akan melihat kotak centang tercantum di bawah bagian “Recently Used Bullets”.

Catatan:

Untuk opsi kedua ini hanya berguna untuk dokumen yang ingin dicetak. Artinya, simbol kotak centang tidak interaktif, jadi kamu tidak dapat mencentangnya di dalam dokumen Word itu.

Nah, itulah tutorial cara membuat kotak centang di dalam dokumen Microsoft Word yang dapat kamu pilih dari dua opsi di atas. Ikuti langkahnya step by step ya dan semoga tutorial di atas bermanfaat.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password