Tutorial Cara Membuat Flash Card Keren di Microsoft Word


Flashcards (kartu flash) adalah salah satu media pembelajaran yang luar biasa baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Tapi untuk membuat flashcard ini sendiri butuh usaha dan waktu.

Biasanya, flash card berisi beberapa kata yang nantinya akan ditebak oleh anak-anak. Isi kata tersebut bebas, bisa itu nama buah-buahan, hewan, atau lainnya.

Guru-guru sekolah kebanyakan menggunakan flashcard untuk pelajaran Bahasa Inggris agar setiap murid mudah memahami, terlebih di lingkungan Taman Kanak-kanak (TK).

Namun, menulis kata-kata di dalam flashcards satu per satu dengan tangan tentu akan memakan waktu sekali. Biar lebih mudah, kamu bisa gunakan Microsoft Word untuk membuat kartu flash sendiri.



Cara Membuat Flashcard di Microsoft Word

Untuk membuat flash card sendiri di Word sangat mudah. OKEGUYS akan menjelaskan langkahnya step by step. Setelah selesai dibuat, kamu bisa langsung mencetaknya dan flashcard siap untuk digunakan.

Sebagai catatan, tutorial dalam artikel ini berlaku untuk Microsoft Word 2019, Microsoft 365, dan Word 2016.

Meskipun versi Microsoft Word yang lebih lama memiliki flashcard sederhana atau template kartu indeks, tampaknya template tersebut tidak lagi tersedia pada Word 2016.

Tapi tenang, tidak perlu khawatir. Karena membuat flashcards di Microsoft Word masih sangat mudah dilakukan, dan kamu dapat menyimpan flashcards tersebut sebagai template juga.

Berikut tutorialnya:



1. Buka Microsoft Word dan pilih ‘Blank document’.

2. Klik tab ‘Layout’, ini akan memungkinkan kamu untuk mengubah ukuran halaman menjadi ukuran kartu flash yang lebih tepat.

3. Di bawah ‘Layout’, klik ‘Orientation’ dan pilih ‘Landscape’.



4. Di Layout, pilih Size dan klik opsi ukuran 4 “x 6”. Ini akan memberi kamu ukuran yang sempurna untuk kartu flash yang dapat dicetak.

5. Ketik kata-kata yang ingin kamu letakkan di dalam kartu flash tersebut dan tekan Ctrl + Enter untuk membuat kartu baru.

6. Kamu dapat menambahkan tema, warna, dan efek ke flashcard tersebut dengan memilih tab ‘Design’.

Pengaturan Printer untuk Cetak Flashcards di Word

Setelah kamu selesai membuat flashcards, sekarang saatnya untuk mencetak semua yang sudah kamu buat. Caranya:

Buka menu ‘File’, kemudian pilih ‘Print’. Sekarang pilih saja ukuran kertas sesuai kartu flash kamu, misalnya 3,5 x 5 atau 4×6. Kamu juga bisa memilih ‘Narrow Margins’ untuk flash card.

Simpan Flashcards sebagai Template Microsoft Word

Meskipun langkah membuat flashcards di Microsoft Word mudah diikuti, akan lebih mudah jika filenya kamu simpan sebagai template. Dengan cara ini, kamu bisa kapan saja mengedit isi kartu flash tersebut dengan informasi baru yang diperlukan.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password