Tutorial Cara Membuat Kalender dan Jadwal Acara di Outlook 365 (Mac)


Setelah melakukan pembaruan (upgrade) di tahun 2020, program Microsoft Outlook 365 di Mac memiliki dua tampilan tambahan untuk membuat kalender dengan cara lebih mudah.

Salah satunya, kamu dapat membuat kalender dan jadwal acara di Outlook 365 dengan mengatur schedule di fitur My Day ataupun melalui sistem RSVP.

Atur Jadwal Acara dengan Fitur My Day

Fitur Microsoft Outlook bernama My Day memungkinkan kamu melihat gambaran singkat tentang jadwal harian atau agenda lain, serta menambahkan acara lain hanya dengan satu klik saja.

Untuk melihat fitur My Day di tab ‘Mail’, klik tombol ‘Show Task Pane’ di sebelah kanan, atau pilih ‘View’ > ‘Task Pane’ dari menu bar.



Untuk melihatnya di tab Outlook lainnya, klik tombol ‘Show Task Pane’ atau pilih ‘View’ > ‘My Day’ dari menu bar.

Untuk beralih di antara tampilan di My Day, klik ikon tiga titik di bagian kanan atas.

Kamu juga dapat memilih “Settings” dari menu ini untuk menyesuaikan kalender yang ingin kamu tampilkan.



Untuk menambahkan acara saat kamu berada di My Day, klik tanda tambah (+) di samping ikon tiga titik.

Gunakan Tampilan Kalender Tiga Hari ke Depan

Jika kamu ingin melihat lebih dari satu hari di kalender Microsoft Outlook 365, cobalah tampilan tiga hari ke depan, seperti telihat pada gambar di bawah.

Klik tab “Calendar” untuk membuka kalender Outlook kamu. Dari sana, pilih panah drop-down di kanan atas atau klik ‘View’ lalu pilih ‘Three Day’ pada menu bar.



Jadwalkan Acara di Kalender Outlook dengan Opsi Lanjutan

Dengan opsi lanjutan (advanced option) di Microsoft Outlook, kamu dapat memilih waktu, memeriksa ketersediaan jadwal atau agenda, serta beralih ke hari lain dengan mudah.

Untuk membuat jadwal acara atau agenda baru, klik ‘File’ > ‘New Event’ di menu tab Outlook.

Atau, kamu dapat mengklik tab “Calendar”, lalu klik “Acara Baru” di kiri atas. Kamu kemudian bisa tambahkan semua detail acara di sebelah kiri.

Untuk cara yang lebih mudah perihal menyesuaikan waktu, gunakan kisi kalender di sebelah kanan.

‘Drag and drop’ blok waktu ke mana pun kamu inginkan, lalu besar atau kecilkan untuk menyesuaikan kerangka waktu.

Jika kamu ingin mempertahankan kerangka waktu itu tetapi juga ingin memeriksa tanggal lain, gunakan panah pada bagian atas di samping tanggal.

Lalu, lengkapi deskripsi agenda dan kirimkan undangan ke orang yang kamu tuju.

Jika kamu memiliki banyak undangan, kamu juga masih bisa mengklik “Scheduling Assistant” di bagian atas jendela acara untuk menambahkan undangan wajib dan opsional, termasuk lokasi.

Ini memungkinkan kamu untuk memeriksa ketersediaan beberapa peserta sekaligus. Kamu juga dapat menyeret blok waktu dan menggunakan panah dua sisi untuk memperpanjang atau memperpendek kerangka waktu.

Saat kamu selesai dengan Scheduling Assistant tadi, cukup klik “Done” di kiri atas. Detail apa pun yang ditambahkan atau diedit akan diterapkan ke undangan.

Kamu kemudian akan kembali ke jendela undangan, di mana kamu dapat menyelesaikan hal lain yang perlu dilakukan atau cukup klik “Send”.

Nah, itulah langkah-langkah tutorial cara menggunakan kalender dan jadwal acara atau agenda tertentu di Microsoft Outlook 365 pada Mac. Semoga membantu ya, Goodguys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password