Tutorial Cara Membuat Grafik di Microsoft Word


Microsoft Word menawarkan berbagai cara untuk memvisualisasikan data. Jika kamu mengetahui cara membuat grafik di Word, kamu dapat merancang alat bantu visual dengan mengimpor data dari Microsoft Excel.

Berkaitan dengan hal itu, dalam artikel ini OKEGUYS akan jelaskan tutorial cara membuat grafik menarik di Microsoft Word.

Sebagai catatan, petunjuk di artikel berikut berlaku untuk Microsoft Word 2019, Word versi 2016, Word 2013, dan Microsoft 365 untuk Windows dan Mac.

Cara Membuat Grafik di Microsoft 365 untuk Mac

Langsung saja Goodguys, yuk ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat dan menyesuaikan grafik dalam versi Word yang disertakan dengan Microsoft 365 untuk Mac:



1. Pilih ‘Insert’ di sudut kiri atas pada dokumen Word ynag dibuka.

2. Pilih ‘Chart’.

3. Arahkan kursor mouse ke atas jenis grafik yang ingin kamubuat, misalnya, ‘Line’ atau ‘Statistical’.



4. Sebuah sub-menu akan muncul, berisi beberapa pilihan, termasuk format dan variasi yang berbeda. Pilih grafik yang ingin kamu masukkan ke dalam dokumen.

5. Dalam spreadsheet Excel yang terbuka, masukkan data untuk grafik.



6. Jika kamu puas dengan nama dan nilai kategori, tutup jendela Excel untuk melihat grafik di dokumen Word yang telah dibuat.

7. Untuk mengakses data pada worksheet Excel di lain waktu, pilih grafik, buka tab ‘Chart Design’, lalu pilih ‘Edit Data in Excel’.

Cara Membuat Grafik di Ms Word untuk Windows

Untuk membuat grafik di Word untuk Microsoft 365, Word 2019, Word 2016, dan Word 2013, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pilih menu ‘Insert’ di sudut kiri atas pada dokumen Ms Word.

2. Pilih ‘Chart’

3. Dalam kotak dialog ‘Insert Chart’, pilihlah jenis grafik yang ingin kamu buat. Misalnya, pilih Line, Bar, atau Histogram.

4. Setiap pengelompokan grafik berisi beberapa opsi, termasuk format dan variasi berbeda. Setelah memilih grafik yang ingin kamu masukkan, lalu pilih OK.

5. Grafik akan muncul di dokumen Ms Word, dan jendela baru berisi data yang dapat diedit dalam spreadsheet terbuka. Untuk mengubah nama kategori dan data, ganti teks dan nilai numerik yang ada dengan entri yang sesuai. Perubahan yang dilakukan dalam spreadsheet akan langsung terlihat di dalam grafik.

Tips: Jika kamu ingin mengedit data di Microsoft Excel, pilih ‘Edit Data in Microsoft Excel’ di miniatur spreadsheet.

6. Setelah kamu puas dengan nama dan nilai kategori, tutup jendela spreadsheet.

Cara Mengubah Format Grafik dan Mengedit Data

Setelah grafik dibuat, tombol pemformatan muncul di sebelah kanan. Jika tombol ini tidak terlihat, pilih ‘Chart’. Pengaturan ini akan mengontrol bagaimana grafik berinteraksi dengan teks di sekitarnya dari perspektif tata letak.

Kamu juga dapat menambahkan atau menghapus elemen dalam grafik (termasuk judul, label, garis kisi, dan legenda), mengubah gaya dan warna grafik, serta menerapkan filter ke grafik.

Selanjutnya, opsi lain yang lebih dapat dikonfigurasi akan ditemukan di versi Windows dibandingkan dengan macOS.

Untuk mengakses atau mengedit data dalam grafik, pilih ‘Edit Data’ atau ‘Edit Data in Excel’.

Nah, itulah penjelasan dari OKEGUYS tentang tutorial cara membuat grafik menarik di Microsoft Word, termasuk cara mengubah format grafik dan mengedit data di dalamnya.

Semoga langkah-langkah di atas membantu pekerjaan kamu ya, Goodguys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password