Cara Membuat Formulir yang Dapat Diisi dengan Microsoft Word


Membuat formulir dengan Microsoft Word itu mudah, tetapi tantangannya adalah ketika kamu memutuskan ingin membuat formulir yang dapat diisi secara online oleh banyak orang.

Untuk pekerjaan itu, dapat kamu selesaikan dengan Microsoft Word. Ya, kamu bisa kok membuat formulir yang dapat diisi di Word, agar tugas survei atau risetmu lebih cepat selesai.

Bagaimana caranya? Berikut OKEGUYS jelaskan dalam artikel tutorial di bawah ini. Perhatikan langkahnya satu per satu ya, Goodguys!

Tapi sebagai catatan, tutorial ini berlaku untuk Microsoft Word 2010 dan 2013.



1. Aktifkan Tab ‘Developer’

Untuk membuat formulir yang dapat diisi, kamu harus memulai dengan aktifkan tab ‘developer’ terlebih dahulu. Caranya, dengan mengklik menu drop-down “File” dan kemudian memilih “Opsi.”

Selanjutnya, buka tab “Customize Ribbon” dan pilih “Main Tabs” di bawah “Customize the Ribbon”.

Sekarang, kamu perlu mencentang pada kotak centang “Developer” dan tekan “OK.”



Setelah itu, kamu akan melihat bahwa menu tambahan “Developer” telah ditambahkan ke bagian atas layar Menu Ribbon dengan beberapa opsi pengembang baru.

2. Menemukan Template Sesuai

Kemudian, ada dua opsi utama untuk memulai pembuatan formulir di Microsoft Word. Opsi satu mudah digunakan jika kamu dapat menemukan template yang sesuai kebutuhan.

Untuk menemukan template, klik menu “File”, pilih “New”. Di situ, kamu akan melihat ada banyak template yang sudah dibuat tersedia untuk diunduh.

Cukup klik “Formulir” dan lihat pemilihan template untuk menemukan yang sesuai dengan kebutuhan kamu.



Ketika kamu telah menemukan template yang cocok, cukup unduh dan edit formulir tersebut sebagaimana yang diinginkan.

Setelah itu, mulailah membuat formulir dengan menavigasi ke opsi template lagi, pilih “My Templates”.

Sekarang, kamu perlu mengklik lingkaran centang “Template” dan kemudian tekan “OK” untuk membuat template kosong.

Terakhir, tekan “Ctrl + S” untuk menyimpan dokumen. Template formulir 1 pun telah selesai dibuat.

3. Mengisi Formulir

Sekarang kamu telah memiliki template kosong, artinya kamu sudah siap untuk menambahkan informasi ke formulir.

Formulir yang akan dibuat dalam contoh ini adalah formulir sederhana untuk mengumpulkan informasi tentang orang yang mengisinya.

Pertama, kamu perlu memasukkan pertanyaan dasar. Untuk tutorial ini, OKEGUYS akan mencoba mendapatkan informasi sebagai berikut:

  • Name (Plain Text Response)
  • Age (Drop-Down List)
  • D.O.B. (Date Response)
  • Sex (Check Box)
  • Zip Code (Plain Text Response)
  • Phone Number (Plain Text Response)
  • Favorite Primary Color and why: (Combo Box)
  • Best Pizza Toppings (Check Box and Plain Text Response)
  • What is your dream job and why? Limit your answer to 200 words (Rich Text Response)
  • What type of vehicle do you drive? (Plain Text Response)

Klik pada tab “Developer” yang kamu tambahkan sebelumnya dan di bawah bagian “Controls” dan pilih “Design Mode” untuk mulai membuat opsi kontrol yang berbeda.

Jika kamu ingin melihat bagaimana tampilannya beraksi, ingatlah untuk membatalkan pilihan “Design Mode”.

4. Menambahkan Bagian Teks

Untuk jawaban apa pun yang memerlukan jawaban berbasis teks, kamu dapat menambahkan bagian teks. Caranya dengan memilih opsi ‘Rich Text Content Control’ (memungkinkan pengguna mengedit pemformatan) atau opsi Plain Text Content Control (hanya memungkinkan teks biasa tanpa pemformatan).

Opsi ‘Rich Text Content Control’ kali ini kita gunakan untuk respons pada pertanyaan 9. Sedanngkan, Plain Text Content Control untuk respons pertanyaan nomor 1,5,6, dan 10.

Ingatlah bahwa kamu dapat mengedit teks di kotak kontrol konten agar sesuai dengan pertanyaan dengan mengklik di dalamnya dan mengetik seperti yang terlihat pada gambar di atas.

5. Tambahkan Opsi Pemilihan Tanggal

Jika kamu perlu menambahkan tanggal, kamu dapat menambahkan “Date Picker Content Control”, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

6. Sisipkan Daftar Drop-Down dengan Opsi

Untuk pertanyaan yang hanya memperbolehkan satu jawaban seperti angka (misal pertanyaan 2), daftar drop-down sangat berguna.

Dalam hal ini, kita akan menambahkan daftar sederhana dan mengisinya dengan rentang usia. Kamu perlu menambahkan kotak kontrol konten, klik kanan padanya, dan pilih opsi “Properties”.

Selanjutnya, klik tambah untuk menambahkan rentang usia.

Setelah selesai, akan terlihat seperti ini (Design Mode Disabled).

Sebagai alternatif, kamu dapat menambahkan “Combo Box,” yang memungkinkan kamu menambahkan opsi apa pun yang diinginkan dan memungkinkan pengguna untuk memasukkan teks tambahan jika diperlukan.

Dalam hal ini, kita akan tambahkan kotak kombo ke pertanyaan 7. Karena ini adalah kotak kombo, kamu sebagai pengguna bisa memilih opsi dan mengetik alasan orang menyukai warnanya.

7. Tambahkan Kotak Centang (Check Boxes)

Untuk pertanyaan keempat, kita akan menambahkan opsi kotak centang. Pertama-tama, kamu akan memasukkan pilihan (Male and Female). Lalu, kamu dapat menambahkan kontrol konten kotak centang setelah setiap opsi.

Ulangi proses ini untuk pertanyaan lain yang membutuhkan satu atau lebih opsi. Kamu juga bisa menambahkan kotak centang ke pertanyaan 8. Atau dapat menambahkan kotak respons teks biasa untuk hal apa pun yang tidak terdaftar sebelumnya.

Formulir kosong yang telah diisi akan terlihat seperti gambar di bawah ini, tergantung pada apakah kamu mengaktifkan atau menonaktifkan mode desain.

Nah, itulah tadi beberapa tahapan langkah membuat formulir interaktif yang dapat diisi secara digital di Microsoft Word. Dengan begitu, pekerjaan kamu akan lebih cepat selesai dan hasilnya jauh lebih rapi.

Semoga tutorial di atas bermanfaat ya, Goodguys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password