Tutorial Cara Membuat Flowchart (Diagram Alir) di Microsoft Word


Diagram alir atau flowchart adalah representasi visual dari langkah-langkah atau hierarki yang terlibat dalam proses, alur kerja, atau bagan organisasi.

Pembuatan flowchart secara profesional sangat berguna. Ini alasannya OKEGUYS membuat artikel berikut untuk memberi tahu tutorial cara membuat flowchart (bagan alir) di Microsoft Word dengan mudah.

Saat kamu ingin menambahkan diagram alur ke dokumen Ms Word, dapat menggunakan grafik SmartArt yang telah dirancang sebelumnya, unduh template flowchart gratis, atau instal add-in pembuat diagram alur.

Catatan: Tutorial dalam artikel ini berlaku di Word untuk Microsoft 365, Word 2019, Word 2016, dan Word 2013.



Gunakan Menu ‘Shape’ untuk Membuat Diagram Alur di Word

Untuk membuat diagram alur dari awal, mulailah dengan kanvas gambar, lalu tambahkan bentuk ke dalamnya, ubah warna dan kerangka bentuk.

Setelah itu, berilah label bentuk, dan gambar garis penghubung di antara bentuk untuk memperlihatkan hubungannya satu sama lain.

  • Membuat Kanvas Gambar

Kanvas gambar bertindak sebagai bingkai di sekitar bentuk diagram alur dan mengelompokkan bentuk sebagai satu objek.

Untuk menambahkan kanvas gambar ke dokumen Word dan mengubah tampilannya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pilih lokasi di dokumen Word di mana kanvas gambar akan ditempatkan.



2. Pilih tab ‘Insert’ pada menu bagian atas. Lalu, pilih ‘Shapes’ dan klik opsi ‘New Drawing Canva’s untuk menambahkan kanvas gambar ke dokumen.

3. Untuk mengubah aliran teks di sekitar kanvas gambar, pilih kanvas gambar, buka tab ‘Shape Format’, dan pilih ‘Wrap Text’.



4. Pilih bagaimana teks akan membungkus kanvas gambar. Misalnya, pilih ‘Top and Bottom’ agar teks tidak muncul di sepanjang sisi kanvas.

5. Untuk mengubah ukuran kanvas gambar, geser (drag) salah satu sudut pengubah ukuran samping untuk mengatur kanvas gambar lebih kecil atau lebih besar.

Tips: Untuk membuat kanvas gambar dengan ukuran tertentu, pilih bentuk, masuk ke tab ‘Shape Format’, dan di grup ‘Size’ masukkan nilai untuk ‘Shape Height’ dan ‘Shape Width’.

6. Untuk menambahkan batas (border), pilih kanvas gambar, lalu pilih tab ‘Shape Format’, dan pilih ‘Shape Outline’.

7. Di dalam ‘Color Pallete’, pilih warna garis dan pilih ‘Weight’ untuk mengubah ketebalan garis, dan pilih ‘Dashes’ untuk mengubah gaya garis.

8. Saat kanvas gambar terlihat seperti yang kamu inginkan, mulailah menambahkan bentuk.

  • Menambahkan Bentuk ke Kanvas Gambar

Sebelum kamu menambahkan bentuk ke kanvas gambar, buatlah sketsa diagram alur terlebih dahulu. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut isni:

1. Buka tab ‘Insert’ dan pilih ‘Shapes’.

2. Buka bagian ‘Flowchart’ dan pilih bentuk. Misalnya, pilih bentuk ‘Process’ sebagai titik awal flowchart.

3. Pilih lokasi pada kanvas gambar untuk menempatkan bentuk. Shap dengan ukuran dan warna default digambar di kanvas.

4. Tambahkan bentuk lain untuk melengkapi diagram alur.

5. Jika kamu tidak menyukai tampilan bentuknya, silahkan ubah dengan membuka tab ‘Format Shape’ untuk mengubah warna isi, menambahkan warna kerangka, serta menerapkan bentuk dan efeknya.

  • Menambahkan Teks ke dalam Shapes Flowchart

Bentuk diagram alir membutuhkan teks yang menjelaskan secara singkat tujuan setiap langkah dalam proses. Untuk menambahkan teks ke dalam shapes diagram alur, ikuti langkah-langkah berikut inii:

1. Klik dua kali pada shape flowchart tersebut.

2. Masukkan teks deskriptif yang menjelaskan tujuan atau proses di dalam shape.

3. Pilih area kosong dari kanvas gambar setelah kamu selesai mengetik.

4. Untuk memformat teks, pilih shape yang dimaksud tersebut, kemudian buka tab ‘Home’. Lalu ubah warna font, gaya font, dan ukuran font sesuai kebutuhan.

5. Untuk menerapkan format teks yang sama ke setiap bentuk, pilih area kanvas gambar dan tekan Ctrl + A untuk memilih semua bentuk. Kemudian, ubah tampilan teks.

  • Menambahkan Garis Penghubung antara Shape Flowchart

Gambar garis penghubung atau konektor, di antara shape penting untuk dibuat agar penjelasan yang tertuang dalam flowchart bisa dipahami dengan baik oleh pembaca.

Penting: Di dalam Microsoft Word, garis-garis penghubung tersebut hanya berfungsi saat bentuk dan garis ditempatkan di kanvas gambar.

Untuk menggambar garis penghubung di antara shape flowchart, sebagai berikut:

1. Buka tab ‘Insert’ dan pilih ‘Shapes’.

2. Di bagian ‘Lines’, pilih bentuk garis yang akan digunakan sebagai penghubung antara bentuk.

3. Seret dari satu bentuk ke bentuk lain. Saat kamu menyeret dari satu bentuk ke bentuk lainnya, garis titik-titik akan muncul pada kerangka kedua bentuk. Titik-titik ini menunjukkan di mana garis penghubung dapat dipasang.

4. Selanjutnya, tambahkan garis sampai semua bentuk terhubung.

5. Untuk memindahkan garis, pilih garis yang dimaksud, lalu seret sampai ke bagian titik akhir.

6. Untuk memindahkan bentuk garis terhubung, pilih bentuk dan seret ke tempat lain. Garis-garis yang terhubung ke titik-titik itu akan tetap melekat pada shape flowchart.

7. Untuk memindahkan bentuk terhubung, pilih bentuk dan seret ke tempat lain. Garis-garis yang terhubung ke titik-titik pada bentuk tetap melekat pada bentuk.

Gunakan SmartArt untuk Membuat Flowchart di Word

Jika kamu menginginkan diagram alur dengan beberapa grafis yang menarik, kamu bisa menggunakan SmartArt grafik bawaan di Word.

Untuk menambahkan grafik SmartArt ke dokumen Ms Word, pilih gaya SmartArt yang diinginkan, ubah jumlah bentuk, lalu tambahkan teks dan ubah tampilan SmartArt.

  • Memilih SmartArt Grafik

Untuk menambahkan grafik SmartArt ke dalam dokumen Microsoft Word, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Letakkan kursor di tempat kamu ingin menyisipkan grafik SmartArt.

2. Buka tab ‘Insert’.

3. Di grup ‘Illustrations’, pilih ‘SmartArt’.

Tips: Jika kamu tidak melihat ikon SmartArt, masuk ke kotak pencarian ‘Search’ dan masukkan SmartArt.

4. Dalam kotak dialog ‘Choose a SmartArt Graphic’, pilih ‘Process’ untuk melihat gaya diagram alur yang tersedia.

5. Pilih gaya diagram alur, lalu klik OK.

6. Grafik SmartArt akan muncul di dokumen Word.

  • Menambahkan Shape ke dalam Flowchart

Jika tidak ada cukup bentuk di grafik SmartArt yang menarik untuk diagram alur, tambahkan lebih banyak bentuk. Nah, untuk menambahkan bentuk baru tersebut, ikuti langkah-langkah ini:

1. Pilih bentuk di lokasi tempat kamu ingin menambahkan bentuk baru.

2. Pergi ke tab ‘SmartArt Design’, lalu pilih panah dropdown ‘Add Shape’.

3. Pilih ke arah mana bentuk baru akan ditambahkan.

4. Setelah kamu menambahkan semua bentuk SmartArt yang diperlukan untuk diagram alur, tambahkan teks deskriptif.

  • Menambahkan Teks ke SmartArt Grafik

Selain shape (bentuk), kamu juga bisa menambahkan teks ke dalam diagram flowchart dengan SmartArt Graphic. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Pilih panah di sisi kiri grafik SmartArt.

2. Pada ‘Text Pane’, masukkan teks untuk setiap bentuk. Tips: Untuk menambahkan bullet point baru ke dalam shape, tekan Enter setelah baris teks.

3. Tutup ‘Text Pane’ bila sudah selesai.

  • Mengubah Tampilan Smart Flowchart di Word

Ada beberapa cara untuk membuat flowchart SmartArt terlihat berbeda. Berkreasilah dengan warna berbeda, tambahkan gambar dan pindahkan bentuk ke lokasi berbeda.

1. Untuk mengubah warna bentuk SmartArt, pilih shape yang dimaksud, buka tab ‘SmartArt Design’, pilih ‘Change Colors’, dan pilih kombinasi warna.

2. Beberapa grafik SmartArt memiliki ruang untuk gambar. Untuk menambahkan gambar, pilih ikon ‘Picture’ pada bentuk, lalu pilih untuk menyisipkan gambar ‘From a File’ di komputer.

Selanjutnya, telusuri ‘Online Pictures’ dari sumber seperti Bing dan OneDrive, kemudian tambahkan gambar ‘From Icons’ yang disimpan di Word atau di komputer kamu.

3. Untuk memindahkan bentuk, pilih bentuk, buka tab ‘SmartArt Design’, pilih ‘Move Selection Up’ atau ‘Move Selection Down’.

Jika kamu tidak menyukai perubahan yang telah dibuat pada grafik SmartArt, silahkan buka tab ‘SmartArt Design’ dan pilih ‘Reset Graphic’.

Itulah tadi penjelasan tentang tutorial cara membuat bagan alur (flowchart) di Microsoft Word yang telah OKEGUYS rangkum untuk kamu, salah satunya menggunakan SmartArt Graphic.

Selamat berkreasi dan semoga bermanfaat ya, Goodguys!

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password