Tutorial Cara Membuat Brosur di Microsoft Word


Dalam beberapa hal, terutama untuk menjalankan bisnis, kamu pasti perlu membuat brosur di Microsoft Word. Brosur berguna untuk mempercantik pemasaran bisnis yang kamu jalankan.

Selain itu, dengan adanya brosur, calon pelanggan atau client akan semakin percaya tentang produk bisnis kamu. Terlebih, jika kamu masukkan poin-poin penting di dalam brosur.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara membuat brosur menarik? Jawabannya, kamu bisa gunakan Microsoft Word. Langkah-langkahnya akan OKEGUYS jelaskan di sini.

Sebagai catatan, tutorial artikel ini berlaku untuk Microsoft 365, Word 2019, Word 2016, Word 2013, dan Word 2010.



Cara Membuat Brosur di Microsoft Word

Yang pertama, kamu dapat membuat brosur di Microsoft Word menggunakan template yang kemudian bisa disimpan, dibagikan dan dicetak.

Beberapa brosur berbentuk tiga lipat, berlipat ganda, tetapi sebagian besar brosur adalah lembaran terlipat dengan halaman dan bagian yang telah ditentukan.

Untuk membuat brosur di Ms Word, buka dulu template dan sesuaikan dengan kebutuhan. Atau, buka dokumen Word kosong, lalu pilih opsi tata letak halaman untuk membuat kolom dan desain template dari awal.

Cara paling mudah untuk membuat brosur di versi Microsoft Word apa pun adalah memulai dengan template, yang kolom dan tempat penampungnya telah dikonfigurasi. Lalu, mengubah teks dan gambar kamu.

1. Pilih File> New.



membuat brosur word

2. Di kotak teks ‘Search for Online Templates’, ketik ‘Brochure’, lalu tekan ‘Enter’.

membuat brosur word

3. Pilih gaya yang kamu inginkan dan pilih ‘Create’ untuk download template. Template secara otomatis akan terbuka di dokumen Word baru.

membuat brosur word



4. Pilih contoh teks di bagian mana saja dan masukkan teks kustom kamu. Ganti teks contoh di seluruh template. Untuk menyesuaikan teks, ubah font, warna, dan ukurannya.

membuat brosur word

5. Ganti gambar contoh, jika diinginkan. Pilih gambar, klik kanan, dan pilih ‘Change Image’. Pilih lokasi gambar yang ingin kamu gunakan, navigasikan ke gambar, lalu pilih ‘Insert’.

membuat brosur word

6. Untuk mengubah tema warna default template, masuk ke tab ‘Design’.

7. Pilih panah drop-down ‘Color’ dan pilih tema. Arahkan ke tema di daftar drop-down ‘Color’ untuk melihat pratinjau sebelum menerapkannya.

8. Simpan perubahan pada brosur setelah kamu selesai mengubahnya. Lihat dokumentasi printer atau situs website lainnya untuk menemukan petunjuk tentang cara mencetak dokumen brosur dua sisi.

Cara Membuat Brosur di Ms Word dari Scratch

Untuk membuat brosur dari awal, mulailah dengan dokumen kosong. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Ubah orientasi dokumen. Buka tab Layout dan pilih Orientation> Landscape. Catatan: Orientasi diatur ke Potrait secara default.

2. Tambahkan halaman kedua untuk brosur dua sisi. Buka tab ‘Insert’ dan di grup ‘Pages’, pilih ‘Blank Page’.

3. Pilih jumlah kolom. Buka tab ‘Layout’ dan pilih ‘Columns’. Lalu, pilih ‘Two’ untuk membuat brosur lipat dua, atau pilih ‘Three’ untuk membuat brosur lipat tiga.

4. Tambahkan dan format teks. Untuk memformat teks, pilih teks, buka tab ‘Home’, lalu pilih font, ukuran font, dan warna font, atau tambahkan daftar berpoin atau daftar bernomor.

Catatan: Cara lain untuk menempatkan teks di brosur adalah dengan menyisipkan kotak teks dan menambahkan teks dalam kotak teks.

5. Tambahkan foto atau grafik. Pilih lokasi di dokumen tempat kamu ingin meletakkan gambar. Kemudian buka tab ‘Insert’ dan pilih ‘Pictures’.

6. Simpan perubahan pada brosur setelah kamu selesai mengubahnya. Lihat dokumentasi printer atau situs website lainnya untuk menemukan petunjuk tentang cara mencetak dokumen dua sisi.

Catatan: Untuk menyimpan brosur sebagai template, masuk ke dalam menu File> Save Sebagai dan pilih Template Word (* .dotx) dari daftar tipe file.

Nah, itulah penjelasan tentang tutorial cara membuat brosur di Microsoft Word agar menarik perhatian audiens yang berlaku untuk Word 2010, 2013, 2016, maupun 2019.

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password