Tutorial Cara Forward Email sebagai ‘Attachment’ di Microsoft Outlook


OKEGUYS, kali ini akan dibahas tutorial cara meneruskan (forward) email sebagai attachment di Microsoft Outlook.

Tutorial ini sangat berguna menghemat waktu kamu daripada harus meneruskan beberapa email satu per satu. Kamu dapat mengirim semuanya sekaligus sebagai lampiran.

Bagaimana caranya? Langsung saja simak ulasan berikut ini!

Cara Meneruskan Email sebagai Lampiran di Outlook

Pertama, kamu dapat menggunakan desktop client bawaan dari Microsoft Outlook ataupun aplikasi web onlline. Nah, itu yang akan dibahas satu per satu dalam tutorial kali ini.



1. Forward Email ‘Attachment’ Menggunakan Desktop Client

Sebelum kita mulai, perhatikan bahwa fitur ‘Desktop Client’ tidak tersedia di aplikasi smartphone Outlook untuk iPhone, iPad, Android, dan Outlook di browser smartphone.

Kamu dapat melampirkan email ke email baru (atau ke email yang akan dibalas) menggunakan aplikasi desktop asli Microsoft Outlook untuk Windows dan Mac.

Untuk melakukannya, pertama launch “Outlook” terlebih dahulu dan kemudian pilih email yang ingin diteruskan sebagai lampiran dengan mengkliknya di daftar email.

Selanjutnya, di grup “Respond” dari tab “Home”, klik “More”, lalu pilih “Forward As Attachment” dari menu drop-down.



Setelah dipilih, sebuah jendela ‘new compose’ akan muncul dengan email yang telah dipilih sebelumnya sebagai attachment.

Atau alternatifnya, jika kamu ingin membalas email dengan email lain sebagai lampiran, klik email dari daftar email yang ingin kamu balas, lalu klik tombol “Reply”.



Selanjutnya, “drag and drop” email yang ingin dilampirkan ke badan email balasan dari daftar.

Email kamu pun sekarang telah dilampirkan ke email balasan tersebut.

2. Forward Email sebagai Attachment secara Default

Jika kamu ingin Microsoft Outlook mengirim email sebagai lampiran ke email baru secara default setiap kali klik tombol “Forward” di email, caranya sangat mudah.

Buka aplikasi “Outlook” di komputer kamu dan klik tab “File” pada menu ribbon.

Pilih “Options” dari panel kiri.

Nantinya, jendela “Outlook Options” akan muncul. Di bagian ini, silahkan klik tab “Mail”.

Selanjutnya, pilih panah di samping opsi “When Forwarding a Message” di bagian “Replies and Forwards”, lalu klik “Attach Original Message” dari menu drop-down.

Terakhir, pilih “OK” di sudut kanan bawah jendela untuk menyimpan perubahan.

3. Forward Email sebagai Attachment menggunakan Outlook Web

Jika kamu lebih suka menggunakan Outlook di web daripada aplikasi Outlook, kamu masih bisa meneruskan email sebagai lampiran, tetapi langkah-langkahnya sedikit berbeda.

Tidak seperti desktop client di aplikasi Microsoft Outlook, di versi Outlook Web ini tidak ada opsi yang dapat kamu klik untuk meneruskan email sebagai lampiran di Outlook web.

Tetapi kamu masih dapat melakukannya menggunakan metode “drag and drop”.

Buka browser web, navigasikan ke situs web Outlook, lalu masuk ke akun Outlook. Setelah masuk, silahkan klik “New Message” di pojok kiri atas untuk membuat draf email baru.

Atau pilih email untuk dibalas dengan “Email as an Attachment” dengan mengklik email tersebut, lalu memilih “Reply”.

Tidak masalah jika kamu membalas email atau membuat yang baru, langkah selanjutnya tetap sama. Temukan saja email yang ingin kamu tambahkan sebagai lampiran dari daftar email. Lalu ‘drag and drop’ email tersebut ke badan email baru.

Yang perlu dilakukan sekarang adalah menambahkan penerima (jika itu email baru), lalu ketik balasan, dan kirim pesan.

Nah, itulah langkah-langkah cara meneruskan email sebagai lampiran atau forward email as an attachment di Microsoft Outlook dengan mudah. Semoga bermanfaat ya, Goodguys.

Sumber: How to Geek

Seberapa menarik artikel ini? Komen di bawah ya..

      Leave a reply

      OKEGUYS
      Logo
      Register New Account
      Reset Password